Langsung ke konten utama

Kekurangan dan Kelemahan Sepeda Motor Matic

Apakah kekurangan dan kelemahan sepeda motor matic? Sebagian besar pemilik kendaraan bermotor saat ini lebih memilih sepeda motor tipe matic. Alasan utamanya karena tipe motor yang satu ini lebih mudah dikendarai dibandingkan dengan motor bebek maupun sport. Kita hanya tinggal duduk manis di atas jok lalu menarik tuas gas secukupnya, maka motor pun akan langsung berjalan.

Tetapi di balik kemudahan dalam mengendarainya itu, sepeda motor matic tidak terlepas dari kekurangan atau kelemahan. Bahkan kelebihan dari motor ini pun dapat menjadi kekurangan tersendiri. Misalnya sistem kopling yang berjalan secara otomatis pada motor matic membuat laju putaran roda menjadi sangat cepat saat di jalan menurun. Itulah kenapa, Anda tidak boleh benar-benar melepaskan tuas gas ketika di turunan karena dapat menyebabkan gear berada di posisi nol.

kekurangan-sepeda-motor-matic.jpg

Di sini akan kita bahas secara bersama-sama apa saja kekurangan dan kelemahan yang dimiliki oleh sepeda motor tipe matic.

Kekurangan I : Boros Bensin

Sepeda motor tipe matic sudah terkenal akan kebutuhan bahan bakarnya yang sangat tinggi. Bahkan motor matic yang telah ditanami dengan teknologi terbaru pun masih lebih boros bensin dibandingkan dengan motor tipe bebek. Salah satu alasannya karena sistem pada kendaraan ini berjalan secara otomatis. Jadi kadang-kadang sistem tersebut melakukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Tingkat penggunaan bahan bakar akan semakin meningkat manakala gaya mengemudi pengendaranya pun buruk.

Kekurangan II : Roda Kecil

Pihak pabrikan sengaja melengkapi motor matic menggunakan roda yang berdiameter kecil supaya pengendaranya merasa lebih nyaman. Namun bagi orang yang berpostur tinggi dan besar, mengendarai motor yang beroda kecil menimbulkan kesulitan tersendiri. Contohnya saat berbelok, motor menjadi rawan sekali jatuh. Begitu pula saat motor melewati jalan yang kondisinya kurang bagus, maka getaran yang ditimbulkannya pun menjadi lebih terasa kasar.

Kekurangan III : Rawan Berat

Anda tentu sepakat kalau motor yang mempunyai dua shockbeaker mampu menahan beban yang lebih baik daripada motor dengan monoshockbeaker. Namun hingga kini, sepeda motor tipe matic yang ada di Indonesia hanya dibekali oleh satu shockbeaker saja. Hal ini membuat daya dukung motor matic terhadap beban yang diterimanya pun tidak setangguh motor bebek atau bahkan motor sport. Sebisa mungkin, batasi beban yang akan Anda bawa menggunakan motor matic. Baca buku manual kendaraan untuk mengetahui berapa batas maksimal beban yang dianjurkan.

Kekurangan IV : Perawatan Rumit

Memang benar, semua sepeda motor harus dirawat secara rutin agar kondisinya dapat dijaga dengan baik. Tetapi motor matic membutuhkan perawatan yang lebih sering ketimbang motor bebek atau motor sport. Motor matic tersusun oleh sistem modern yang dapat bekerja secara otomatis. Apabila ada sebuah komponen yang mengalami kerusakan, maka sistem pun tidak dapat berjalan dengan baik. Apalagi harga sparepart motor matic terbilang lebih mahal.

Kekurangan V : Risiko Tinggi

Walaupun lebih mudah dikendarai, faktanya risiko bahaya yang dapat terjadi pada motor matic jauh lebih tinggi. Salah satunya ialah saat melewati jalan yang menurun. Biasanya pengendara akan melepaskan tuas gas ketika melintasi turunan. Tetapi jika Anda melepas tuas gas saat mengendarai motor matic di turunan, maka kecepatan motor justru akan menjadi bertambah. Pengereman untuk memperlambat laju kendaraan pun harus dilakukan dengan hati-hati karena risiko terpelanting menjadi lebih besar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l